ASSESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
LAPORAN PENELITIAN TES HASIL BELAJAR (THB) DAN ANGKET
SMA NEG 1 TINAMBUNG, KELAS XI IPS 2
DI SUSUN
OLEH:
AHMAD ARDAN
(HO215609)
PENDIDIKAN
MATEMATIKA 2015
UNIVERSITAS
SULAWESI BARAT
TAHUN
AJARAN 2016/2017
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb
Dengan puji serta syukur serta atas rahmat dan hidayah
dari Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat yang tak
ternilai harganya dengan apapun. Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan
kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita kembali kejalan yang
di ridhoi oleh Allah SWT. Rasa syukur juga kami limpahkan karena telah
menyelesaikan laporan Tes Hasil Belajar (THB) dalam bentuk pilihan ganda dan
Angket yang fungsinya untuk mengetahui seberapa besar kualitas dan kuantitas
siswa-siswi SMA NEG 1 Tinambung. Tak lupa juga ungkapan terima kasih kepada guru
matematika SMA NEG 1 TINAMBUNG yang
telah mengizinkan untuk menyelenggarakan kpenelitian kami disekolah
tersebut.
Alhamdulillah penelitian THB dan Angket ini telah
selesai berikut dengan laporannya, sehingga bisa membantu saya untuk bisa mempertimbangkan
dari hasil THB dan Angket tersebut yang mutlak berasal dari jawaban dan pernyataan
para siswa-siswi SMA NEG 1 TINAMBUNG . Proses penelitian tersebut memang
tidaklah terlalu sulit karena kami pertama-tama memberikan kepada siswa Soal
pilihan ganda selama 90 menit waktu mengerjakan lalu setelah selesai
dikumpulkan, kemudian dilanjutkan dengan pengisian angket selama 30 menit
setelah selelsai lalu dikumpul datanya dan setelah dikumpulkan data tersebut di
olah atau dan dianalisis menggunakan SPSS.
Semoga apa-apa yang telah kita perbuat senantiasa
mendapatkan ridhoa dari Allah SWT, serta bermanfaat bagi kita di kemudian hari.
Karena sesuatu yang baik adalah milik Allah SWT dan sesuatu yang kurang baik
senantiasa tak luput dari kesalahan manusia yang tenpatnya salah dan lupa.
Mudah-mudahan hasil ini memcerminkan kita kearah yang lebih baik lagi dan
terus berusaha semampu kita untuk memberikan yang terbaik. Amin
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR
BELAKANG
Kualitas dan kuantitas sangat
penting dalam sebuah SLTP untuk menjadikan para siswa menjadi lebih berkualitas
yang bisa diterapkan baik itu masih dalam masa bangku sekolah atau setelah lulus nantinya. Untuk membangun
itu semua tentunya tidaklah mudah bahkan memerlukan waktu yang cukup lama dan
harus sejalan dengan Visi dan Misi Sekolah. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan
untuk meningkatkan hal tersebut salah satunya melalui penelitian Tes Hasil
Belajar dan angket .
Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas secara
mutlak menjadi tanggungjawab pihak Sekolah akan tetapi sekolah tidak bisa
berbuat sendirian dan dengan adanya penelitian ini tentu bisa diupayakan agar
semua yang didapat dari penelitian ini menjadikan bahan dan hasil yang
diinginkan bisa terwujud. Dalam pelaksanaan penellitian tersebut para siswa menyambut
dengan senang hati atas diselenggarakan penelitian ini.
TUJUAN DAN MANFAAT
Penilaian ini mempunyai tujuan yang sangat baik dan
membantu sekolah dalam pelaksanaan pembelajar dan juga menjadikan salah satu
cara untuk memperbaiki itu semua. Secara umum penelitian ini sangat baik untuk
meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang bersangkutan. Adapun manfaat
yang didapat dari Siwa-Siswi yaitu menjadikan bahan masukan untuk sekolahnya
selama siswa-siswi tersebut berada disekolah tersebut. dan juga sebagai
aspirasi yang selama ini mereka rasakan dengan kata lain untuk kepentingan
bersama dengan hal tersebut. Sedangkan manfaat bagi sekolah SMPN 5 Tinambung
merupakan hal yang sangat baik agar senantiasa meningkatkan mutu pembelajaran dan
pelayanan serta membangun SMPN 5 Tinambung ini menjadi lebih baik dan berusaha
agar menjadi yang terbaik.
SASARAN
Sasaran utama dari penelitian ini adalah bagaimana
cara mengetahui kualitas dan kuantitas siswa-siswi SMPN 5 Tinambung dan hal-hal
apa saja yang menurut siswa-siswi sangat kurang atau yang menurut mereka perlu
peningkatan dan kemajuan yang lebih baik lagi. Dengan adanya penelitian ini
diupayakan agar terciptanya hal-hal yang positif untuk membangun SMPN 5
Tinambung terutama Siswa –Siswinya menjadi lebih baik lagi. Sekaligus
menjadikan kualitas dan kuantitas yang senantiasa memberikan yang terbaik untuk
siswa-siswi SMPN 5 Tinambung yang nanti setelah mereka lulus mereka dapat
melanjutkan ke jenjang berikutnnya dengan nilai yang memuaskan.
WAKTU PELAKSANAAN
Adapun pelaksanaan penelitian ini yaitu pada hari
Selasa, 12 Desember 2017 pada saat hari ke-2 setelah Ujian Akhir Semester.
Dalam tata pelaksanaannya yaitu dimulai dari pemberian izin dari Kepala Sekolah
SMPN 5 Tinambung untuk memberikan waktu Setelah UAS agar tidak mengganggu
proses Pembelajaran karna setelah UAS proses pembelajaran formal sudah
ditiadakan . Dalam penelitian ini siswa-siswi diberikan terlebih dahulu Tes
Hasil Belajar selama 90 meneit kemudian dilanjutkan dengan pemberian angket..
BAB I I
PEMBAHASAN
HASIL YANG DIPEROLEH
Dari hasil penelitian yang berupa tes hasil belajar
(THB) dan angket kita dapat simpulkan bahwa hasil penelitian :
A.
Tes Hasil Belajar (THB)
Tes hasil belajar ini berupa soal pilihan ganda yang terdiri
dari 30 soal , dan setelah di ujikan kepada siswa maka kemudian saya Uji
validitas, Realibitas, tingkat
kesukaran, daya pembeda, dan uji deskriptif bertujuan untuk melihat kualitas
soal Dan hasil sebagai berikut:
Item soal
|
Validitas
|
t.kesukaran
|
d.pembeda
|
Soal 1
|
Invalid
|
Sedang
|
Soal diperbaiki
|
Soal 2
|
Invalid
|
Sedang
|
Soal ditolak
|
Soal 3
|
Invalid
|
Mudah
|
Soal diterima dan diperbaiki
|
Soal 4
|
Invalid
|
Mudah
|
Soal diterima dan diperbaiki
|
Soal 5
|
Inva;id
|
Sukar
|
Soal ditolak
|
Soal 6
|
Invalid
|
Mudah
|
Soal ditolak
|
Soal 7
|
Invalid
|
Sukar
|
Soal ditolak
|
Soal 8
|
Valid
|
Sedang
|
Soal baik
|
Soal 9
|
Valid
|
Mudah
|
Soal baik
|
Soal 10
|
Invalid
|
Sedang
|
Soal diperbaiki
|
Soal 11
|
Invalid
|
Mudah
|
Soal ditolak
|
Soal 12
|
Invalid
|
Mudah
|
Soal ditolak
|
Soal 13
|
Valid
|
Mudah
|
Soal diterima dan diperbaiki
|
Soal 14
|
Valid
|
Mudah
|
Soal baik
|
Soal 15
|
Valid
|
Mudah
|
Soal baik
|
Soal 16
|
Valid
|
Sedang
|
Soal baik
|
Soal 17
|
Valid
|
Mudah
|
Soal baik
|
Soal 18
|
Invalid
|
Sedang
|
Soal ditolak
|
Soal 19
|
Invalid
|
Sukar
|
Soal diperbaiki
|
Soal 20
|
Invalid
|
Sukar
|
Soal ditolak
|
Soal 21
|
Invalid
|
Sedang
|
Soal diperbaiki
|
Soal 22
|
Valid
|
Sukar
|
Soal baik
|
Soal 23
|
Valid
|
Sedang
|
Soal baik
|
Soal 24
|
Valid
|
Sedang
|
Soal baik
|
Soal 25
|
Valid
|
Sedang
|
Soal baik
|
Soal 26
|
Valid
|
Sukar
|
Soal baik
|
Soal 27
|
Valid
|
Sedang
|
Soal baik
|
Soal 28
|
Valid
|
Mudah
|
Soal baik
|
Soal 29
|
Valid
|
Mudah
|
Soal baik
|
Soal 30
|
Invalid
|
Mudah
|
Soal ditolak
|
Berdasarkan hasil di atas bahwa terdapat 15 soal
yang VALID dan 15 soal INVALID ARTINYA 50% VALID DAN 50% INVALID
|
Uji Realibitas
|
Berdasarkan lampiran 13 nilai
cronbach’s alpha sebesar 0,684 itu berarti bahwa nilai cronbach’s alpha >
0,6 . dapat disumpulkan bahwa THB
tersebut realibitas yang tinggi,
artinya disini bahwa THB tersebut dapat kita percaya untuk mengukur kemampuan
siswa.
|
Untuk uji deskriftif yang kita uji adalah nilai yang didapat siswa yang ditunjukkan pada tabel beriku
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI SISWA
|
KETERANGAN
|
1
|
ABDUL RAHMAN
|
57
|
C
|
2
|
M.RISAL
|
63
|
C
|
3
|
AHMAD
|
67
|
B
|
4
|
FEBRIAN WARDANA
|
53
|
C
|
5
|
SADRIANTO
|
50
|
D
|
6
|
AKRAM
|
63
|
C
|
7
|
RAJINA
|
40
|
E
|
8
|
ARABIA
|
53
|
D
|
9
|
NUR.AISYAH
|
47
|
D
|
10
|
NURJANNAH
|
33
|
E
|
11
|
NUR.RAHMAN
|
33
|
E
|
12
|
NURUL ATIKA
|
63
|
C
|
13
|
NURSYAM
|
67
|
B
|
14
|
MILAN
|
63
|
C
|
15
|
MUSPITA
|
67
|
B
|
16
|
ATIKA
|
57
|
C
|
17
|
NURMADINA
|
80
|
A
|
18
|
ALFIANA BASRI
|
77
|
B
|
19
|
M.MURFIT
ALMUQSITIF
|
57
|
C
|
20
|
NADIA
|
53
|
C
|
21
|
EKA AMANDA
|
60
|
C
|
22
|
FITRIANI
|
50
|
D
|
23
|
NURMA
|
33
|
E
|
24
|
KALAF
RALIMANTANG
|
53
|
C
|
25
|
ALIP
|
60
|
C
|
26
|
RUSIKHANSYA
|
40
|
E
|
A : 3,8%
B : 15,4%
C : 46,2%
D : 15,4%
E : 19,2 %
|
Berdasarkan hasil UJI deskripti yang ditunjukkan pada
lampiran nilai:
Mean:
55,34
Median :
57
Modus : 53
|
Berdasarkan wawancara dari guru matematika siswa kelas
IX SMP 5 TINAMBUNG menyatakan bahwa hasil ujian matematika siswa kelas IX
terkhusus untuk Kelas IX.c bahwa rata-rata pecampaian nilai Matematika siswa
sebesar 60, maka dilihat dari hasil uji spss pada tabel di atas nilai
rata-rata (mean) sebesar 55,3462 dengan
demikian rata-rata pencapaian siswa berdasarkan soal dari guru matematika tdk
jauh berbeda dengan rat-rata pencapaian siswa dengan soal yang saya susun.
|
B.
Angket Minat Belajar
Pada angket ini berisikan pernyataan
yang berhubungan dengan minat siswa terhadap pelajaran Matematika dengan
beberapa kategori pilihan yaitu :
-
butir-butir pernyataan dengan cara member tanda check list (√). pada kolom skor (5, 4, 3, 2, 1)
sesuai dengan criteria sebagai berikut.
5= sangat setuju, 4= setuju, 3= kurang setuju, 2= tidak setuju, 1= sangat tidak setuju.
Dengan
anilisi Validasi dan Realibitas maka hasilnya sebagai berikut:
No.item pernyataan
|
Hasil Analisis Validasi
|
Pernyataan
1
|
Valid
|
Pernyataan 2
|
Valid
|
Pernyataan 3
|
Invalid
|
Pernyataan 4
|
Valid
|
Pernyataan 5
|
Valid
|
Pernyataan 6
|
Invalid
|
Pernyataan 7
|
Ilvalid
|
Pernyataan 8
|
Valid
|
Pernyataan 9
|
Invalid
|
Pernyataan 10
|
Invalid
|
Pernyataan
11
|
Invalid
|
Pernyataan
12
|
Valid
|
Pernyataan
13
|
Invalid
|
Pernyataan
14
|
Invalid
|
Pernyataan
15
|
Invalid
|
Pernyataan
16
|
Valid
|
Pernyataan
17
|
Valid
|
Pernyataan
18
|
Valid
|
Pernyataan
19
|
Invalid
|
Pernyataan 20
|
valid
|
Berdasarkan
tabel diatas maka jumlah pernyataan
yang Valid : 10 item
(1,2,4,5,8,11,16,17,18,19) dan pernytaan yang Invalid : 10 item
(3,6,7,9,10,12,13,14,15,20)
Berarti 50% VALID dan 50% INVALID.
|
UJI
REALIBITAS
|
Berdasarkan tabel di lampiran 7 nilai
cronbach’s alpha sebesar 0,662 itu berarti bahwa nilai cronbach’s alpha >
0,6 . dapat disumpulkan bahwa angket minat belajar realibitas yang inggi.
|
C. Angket Motivasi Belajar
Pada angket ini berisikan pernyataan
yang berhubungan dengan motivasi siswa terhadap pelajaran Matematika dengan
beberapa kategori pilihan yaitu :
-
butir-butir pernyataan dengan cara member tanda check list (√). pada kolom skor (5, 4, 3, 2, 1)
sesuai dengan criteria sebagai berikut.
5= sangat setuju, 4= setuju, 3= kurang setuju, 2= tidak setuju, 1= sangat tidak setuju.
Dengan anilisi Validasi dan
Realibitas maka hasilnya sebagai berikut:
No.item pernyataan
|
Hasil Analisis Validasi
|
Pernyataan
1
|
InValid
|
Pernyataan 2
|
InValid
|
Pernyataan 3
|
Valid
|
Pernyataan 4
|
Invalid
|
Pernyataan 5
|
Invalid
|
Pernyataan 6
|
Invalid
|
Pernyataan 7
|
Valid
|
Pernyataan 8
|
Valid
|
Pernyataan 9
|
Valid
|
Pernyataan 10
|
Valid
|
Pernyataan
11
|
Invalid
|
Pernyataan
12
|
Invalid
|
Pernyataan
13
|
Invalid
|
Pernyataan
14
|
Invalid
|
Pernyataan
15
|
Invalid
|
Pernyataan
16
|
Invalid
|
Pernyataan
17
|
Invalid
|
Pernyataan
18
|
Valid
|
Pernyataan
19
|
Valid
|
Pernyataan 20
|
Invalid
|
Pernyataan
21
|
Invalid
|
Pernyataan
22
|
Invalid
|
Pernyataan
23
|
Valid
|
Pernyataan
24
|
Valid
|
Pernyataan
25
|
Valid
|
Pernyataan
26
|
Valid
|
Pernyataan
27
|
Valid
|
Pernyataan
28
|
Invalid
|
Pernyataan
29
|
Invalid
|
Pernyataan 30
|
Valid
|
Pernyataan 31
|
Valid
|
Pernyataan 32
|
Invalid
|
Pernyataan 33
|
Valid
|
Berdasarkan
tabel diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah pernyataan yang Valid : 15 item (3,7,8,9,10,18,19,23 24,25,26,27,30,31) dan yang Invalid
: 18 item (1,2,4,5,6,11,12,13,
14,15,16,17,20,21, 22,28,29,32) maka dapat disimpulkan 40 %VALID dan 60% INVALID
|
UJI
REALIBITAS
|
Berdasarkan tabel di lampiran 8 nilai cronbach’s alpha sebesar 0,711 itu berarti bahwa nilai cronbach’s alpha
> 0,6 . dapat disumpulkan bahwa angket minat belajar realibitas yang
inggi.
|
D.
Interpretasi
Hasil Belajar dengan Angket
Berdasarkan lampiran 18 dengan melalui uji
regresi linear berganda saya dapat simpulkan bahwa tdak ada pengaruh antara
minat belajar dan motivsi belajar terhadap hasil belajar siswa , dikarena
sebagai berikut :
Tabel
ANOVA pada tabel ini digunakan untuk
mengukur apakah variabel bebas mempengaruhi kelinearitas variabel terikat.
Hipotesis Penelitian :
Ho : tidak terjadi pengaruh linear antara minat belajar dan motivasi
belajar terhadap presatsi siswa
H1 : terjadi pengaruh linear antara minat belajar dan motivasi
belajar terhadap presatsi siswa
Ketentuan :
Jika F hitung > F tabel , maka Ho ditolak.
Jika F hitung < F tabel , maka Ho diterima.
Atau
Jika Sig < α, maka Ho ditolak.
Jika Sig > α, maka Ho diterima.
Untuk
melihat apakah Ho ditolak atau diterima kita bisa gunakan salah satu dari
ketentuan diatas:
Berdasarkan
nilai Sig , dari tabel ANOVA diperoleh nilai Sig (0,307b) > α
(0,05), berarti kita simpulkan bahwa Ho diterima . dengan demikian bahwa tidak
terjadi pengaruh linear antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap
presatsi siswa.
EVALUASI
Dalam penelitian ini banyak hal yang perlu diperbaiki
dan terus ditingkatkan agar apa yang menjadi visi dan misi dari SMPN 5
Tinambung menjadi terlaksana dan menjadi lebih baik lagi serta bisa menjadi
yang terbaik. Hasil rata-rata dari penelitian ini membuktikan masih kurangnya
kualitas dan kuantitas pemahaman terhadap matematika dari siswa-siswi SMPN 5
Tinambung terkhusus pada siswa-siswi Kelas IX.C
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Hasil penelitian ini bisa menjadi acuan bagi SMPN 5
Tinambung untuk senantiasa terus meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, hal
ini menjadi penting karena dari data presentase hasil penelitian ini sangat membutuhkan perhatian dan tindak
lanjut dari hasil ini. Ada indikasi bahwa rasa kepuasan akan kepentinggan
pemeblajaran yang terus ditingkatkan,
baik itu dari kualitas materi pembelajaran matematika sampai pada SDM .
PENUTUP
Kesempurnaan memang hanya milik Allah SWT dan
kukurangan dan ketiksempurnaan tempatnya manusia, dengan mengucap syukur
Alhamdulillah dan bersyukur akan Nikmat dari Allah SWT yang telah memberikan
segalanya. Dari itu semua maka selesai pula laporan penelitian tes hasil
belajar dan angket dan bisa menjadi
pertimbangan dan perhatian yang harus segera dilaksanakan agar menciptakan
sekolah yang bersangkutan menjadi yang terbaik.
Demikianlah laporan penelitian ini disusun dan kiranya bisa menjadi data yang
valid dari apa-apa yang dihasilkan penelitian tersebut. Diharapkan untuk kedepanya bisa
menjadikan SMPN 5 Tinambung ini terus
berkembang untuk menjadi yang terbaik li tingkatNasional maupun Internasional .
Segala apa-apa yang kita inginkan untuk kepentingan bersama tentunya menjadi
mimpi dan keinginan kita semua agar bisa terwujud dan terlaksana. Yang perlu
diperhatikan adalah menemukan bagaimana caranya agar bisa memperbaiki apa yang
telah terdata dari hasil kpenelitian ini dan bersama-sama bisa mewujudkannya.
0 Comments