ASSESMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
LAPORAN PENELITIAN TES HASIL BELAJAR (THB) DAN ANGKET

SMA NEG 1 TINAMBUNG, KELAS XI IPS 2







DI SUSUN OLEH:


AHMAD ARDAN (HO215609)
PENDIDIKAN MATEMATIKA 2015







UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
TAHUN AJARAN 2016/2017



KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb
Dengan puji serta syukur serta atas rahmat dan hidayah dari Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat yang tak ternilai harganya dengan apapun. Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita kembali kejalan yang di ridhoi oleh Allah SWT. Rasa syukur juga kami limpahkan karena telah menyelesaikan laporan Tes Hasil Belajar (THB) dalam bentuk pilihan ganda dan Angket yang fungsinya untuk mengetahui seberapa besar kualitas dan kuantitas siswa-siswi SMA NEG 1 Tinambung. Tak lupa juga ungkapan terima kasih kepada guru matematika SMA NEG 1 TINAMBUNG  yang telah mengizinkan untuk menyelenggarakan kpenelitian kami disekolah tersebut. 
Alhamdulillah penelitian THB dan Angket ini telah selesai berikut dengan laporannya, sehingga bisa membantu saya untuk bisa mempertimbangkan dari hasil THB dan Angket tersebut yang mutlak berasal dari jawaban dan pernyataan para siswa-siswi SMA NEG 1 TINAMBUNG . Proses penelitian tersebut memang tidaklah terlalu sulit karena kami pertama-tama memberikan kepada siswa Soal pilihan ganda selama 90 menit waktu mengerjakan lalu setelah selesai dikumpulkan, kemudian dilanjutkan dengan pengisian angket selama 30 menit setelah selelsai lalu dikumpul datanya dan setelah dikumpulkan data tersebut di olah atau dan dianalisis menggunakan SPSS.
Semoga apa-apa yang telah kita perbuat senantiasa mendapatkan ridhoa dari Allah SWT, serta bermanfaat bagi kita di kemudian hari. Karena sesuatu yang baik adalah milik Allah SWT dan sesuatu yang kurang baik senantiasa tak luput dari kesalahan manusia yang tenpatnya salah dan lupa. Mudah-mudahan  hasil ini memcerminkan kita kearah yang lebih baik lagi dan terus berusaha semampu kita untuk memberikan yang terbaik. Amin
                                                                                                                                                  





























BAB I
PENDAHULUAN     

LATAR BELAKANG
Kualitas dan kuantitas sangat penting dalam sebuah SLTP untuk menjadikan para siswa menjadi lebih berkualitas yang bisa diterapkan baik itu masih dalam masa bangku sekolah  atau setelah lulus nantinya. Untuk membangun itu semua tentunya tidaklah mudah bahkan memerlukan waktu yang cukup lama dan harus sejalan dengan Visi dan Misi Sekolah. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hal tersebut salah satunya melalui penelitian Tes Hasil Belajar dan angket .
Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas secara mutlak menjadi tanggungjawab pihak Sekolah akan tetapi sekolah tidak bisa berbuat sendirian dan dengan adanya penelitian ini tentu bisa diupayakan agar semua yang didapat dari penelitian ini menjadikan bahan dan hasil yang diinginkan bisa terwujud. Dalam pelaksanaan penellitian tersebut para siswa menyambut dengan senang hati atas diselenggarakan penelitian ini.
TUJUAN DAN MANFAAT
Penilaian ini mempunyai tujuan yang sangat baik dan membantu sekolah dalam pelaksanaan pembelajar dan juga menjadikan salah satu cara untuk memperbaiki itu semua. Secara umum penelitian ini sangat baik untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang bersangkutan. Adapun manfaat yang didapat dari Siwa-Siswi yaitu menjadikan bahan masukan untuk sekolahnya selama siswa-siswi tersebut berada disekolah tersebut. dan juga sebagai aspirasi yang selama ini mereka rasakan dengan kata lain untuk kepentingan bersama dengan hal tersebut. Sedangkan manfaat bagi sekolah SMPN 5 Tinambung merupakan hal yang sangat baik agar senantiasa meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan serta membangun SMPN 5 Tinambung ini menjadi lebih baik dan berusaha agar menjadi yang terbaik.
SASARAN
Sasaran utama dari penelitian ini adalah bagaimana cara mengetahui kualitas dan kuantitas siswa-siswi SMPN 5 Tinambung dan hal-hal apa saja yang menurut siswa-siswi sangat kurang atau yang menurut mereka perlu peningkatan dan kemajuan yang lebih baik lagi. Dengan adanya penelitian ini diupayakan agar terciptanya hal-hal yang positif untuk membangun SMPN 5 Tinambung terutama Siswa –Siswinya menjadi lebih baik lagi. Sekaligus menjadikan kualitas dan kuantitas yang senantiasa memberikan yang terbaik untuk siswa-siswi SMPN 5 Tinambung yang nanti setelah mereka lulus mereka dapat melanjutkan ke jenjang berikutnnya dengan nilai yang memuaskan.
WAKTU PELAKSANAAN
Adapun pelaksanaan penelitian ini yaitu pada hari Selasa, 12 Desember 2017 pada saat hari ke-2 setelah Ujian Akhir Semester. Dalam tata pelaksanaannya yaitu dimulai dari pemberian izin dari Kepala Sekolah SMPN 5 Tinambung untuk memberikan waktu Setelah UAS agar tidak mengganggu proses Pembelajaran karna setelah UAS proses pembelajaran formal sudah ditiadakan . Dalam penelitian ini siswa-siswi diberikan terlebih dahulu Tes Hasil Belajar selama 90 meneit kemudian dilanjutkan dengan pemberian angket..






BAB I I
PEMBAHASAN

HASIL YANG DIPEROLEH
Dari hasil penelitian yang berupa tes hasil belajar (THB) dan angket kita dapat simpulkan bahwa hasil penelitian :
A.           Tes Hasil Belajar (THB)
Tes hasil belajar ini berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal , dan setelah di ujikan kepada siswa maka kemudian saya Uji validitas,  Realibitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji deskriptif bertujuan untuk melihat kualitas soal Dan hasil sebagai berikut:
Item soal
Validitas
t.kesukaran
d.pembeda
Soal 1
Invalid
Sedang
Soal diperbaiki
Soal 2
Invalid
Sedang
Soal ditolak
 Soal 3
Invalid
Mudah
Soal diterima dan diperbaiki
Soal 4
Invalid
Mudah
Soal diterima dan diperbaiki
Soal 5
Inva;id
Sukar
Soal ditolak
Soal 6
Invalid
Mudah
Soal ditolak
Soal 7
Invalid
Sukar
Soal ditolak
Soal 8
Valid
Sedang
Soal baik
Soal 9
Valid
Mudah
Soal baik
Soal 10
Invalid
Sedang
Soal diperbaiki
Soal 11
Invalid
Mudah
Soal ditolak
Soal 12
Invalid
Mudah
Soal ditolak
Soal 13
Valid
Mudah
Soal diterima dan diperbaiki
Soal 14
Valid
Mudah
Soal baik
Soal 15
Valid
Mudah
Soal baik
Soal 16
Valid
Sedang
Soal baik
Soal 17
Valid
Mudah
Soal baik
Soal 18
Invalid
Sedang
Soal ditolak
Soal 19
Invalid
Sukar
Soal diperbaiki
Soal 20
Invalid
Sukar
Soal ditolak
Soal 21
Invalid
Sedang
Soal diperbaiki
Soal 22
Valid
Sukar
Soal baik
Soal 23
Valid
Sedang
Soal baik
Soal 24
Valid
Sedang
Soal baik
Soal 25
Valid
Sedang
Soal baik
Soal 26
Valid
Sukar
Soal baik
Soal 27
Valid
Sedang
Soal baik
Soal 28
Valid
Mudah
Soal baik
Soal 29
Valid
Mudah
Soal baik
Soal 30
Invalid
Mudah
Soal ditolak
Berdasarkan hasil di atas bahwa terdapat 15 soal yang VALID dan 15 soal INVALID ARTINYA 50% VALID DAN 50% INVALID
Uji Realibitas
Berdasarkan lampiran 13 nilai cronbach’s alpha sebesar 0,684 itu berarti bahwa nilai cronbach’s alpha > 0,6 . dapat disumpulkan bahwa  THB tersebut  realibitas yang tinggi, artinya disini bahwa THB tersebut dapat kita percaya untuk mengukur kemampuan siswa.



Untuk uji deskriftif yang kita uji adalah nilai  yang didapat siswa  yang ditunjukkan pada tabel beriku
NO
NAMA SISWA
NILAI SISWA
KETERANGAN
1
ABDUL RAHMAN
57
C
2
M.RISAL
63
C
3
AHMAD
67
B
4
FEBRIAN WARDANA
53
C
5
SADRIANTO
50
D
6
AKRAM
63
C
7
RAJINA
40
E
8
ARABIA
53
D
9
NUR.AISYAH
47
D
10
NURJANNAH
33
E
11
NUR.RAHMAN
33
E
12
NURUL ATIKA
63
C
13
NURSYAM
67
B
14
MILAN
63
C
15
MUSPITA
67
B
16
ATIKA
57
C
17
NURMADINA
80
A
18
ALFIANA BASRI
77
B
19
M.MURFIT ALMUQSITIF
57
C
20
NADIA
53
C
21
EKA AMANDA
60
C
22
FITRIANI
50
D
23
NURMA
33
E
24
KALAF RALIMANTANG
53
C
25
ALIP
60
C
26
RUSIKHANSYA
40
E
A : 3,8%
B : 15,4%
C : 46,2%
D : 15,4%
E : 19,2 %
                                                                                                                                          
Berdasarkan hasil UJI deskripti yang ditunjukkan pada lampiran nilai:
Mean: 55,34
Median : 57
Modus : 53
Berdasarkan  wawancara dari guru matematika siswa kelas IX SMP 5 TINAMBUNG menyatakan bahwa hasil ujian matematika siswa kelas IX terkhusus untuk Kelas IX.c bahwa rata-rata pecampaian nilai Matematika siswa sebesar 60, maka dilihat dari hasil uji spss pada tabel di atas nilai rata-rata (mean) sebesar  55,3462  dengan demikian rata-rata pencapaian siswa berdasarkan soal dari guru matematika tdk jauh berbeda dengan rat-rata pencapaian siswa dengan soal yang saya susun.



B.            Angket Minat Belajar

Pada angket ini berisikan pernyataan yang berhubungan dengan minat siswa terhadap pelajaran Matematika dengan beberapa kategori pilihan yaitu :
-       butir-butir pernyataan dengan cara member tanda check list (√). pada kolom skor (5, 4, 3, 2, 1) sesuai dengan criteria sebagai berikut. 5= sangat setuju, 4= setuju, 3= kurang setuju, 2= tidak setuju, 1= sangat tidak setuju.
Dengan anilisi Validasi dan Realibitas maka hasilnya sebagai berikut:

No.item pernyataan
Hasil Analisis Validasi
Pernyataan 1
Valid
Pernyataan 2
Valid
Pernyataan 3
Invalid
Pernyataan 4
Valid
Pernyataan 5
Valid
Pernyataan 6
Invalid
Pernyataan 7
Ilvalid
Pernyataan 8
Valid
Pernyataan 9
Invalid
Pernyataan 10
Invalid
Pernyataan 11
Invalid
Pernyataan 12
Valid
Pernyataan 13
Invalid
Pernyataan 14
Invalid
Pernyataan 15
Invalid
Pernyataan 16
Valid
Pernyataan 17
Valid
Pernyataan 18
Valid
Pernyataan 19
Invalid
Pernyataan 20
valid
Berdasarkan tabel diatas maka  jumlah pernyataan yang Valid : 10 item
(1,2,4,5,8,11,16,17,18,19) dan pernytaan yang Invalid : 10 item
(3,6,7,9,10,12,13,14,15,20)
Berarti 50% VALID dan 50% INVALID.

UJI REALIBITAS
Berdasarkan tabel di lampiran 7 nilai cronbach’s alpha sebesar 0,662 itu berarti bahwa nilai cronbach’s alpha > 0,6 . dapat disumpulkan bahwa angket minat belajar realibitas yang inggi.



C.       Angket Motivasi Belajar

Pada angket ini berisikan pernyataan yang berhubungan dengan motivasi siswa terhadap pelajaran Matematika dengan beberapa kategori pilihan yaitu :
-       butir-butir pernyataan dengan cara member tanda check list (√). pada kolom skor (5, 4, 3, 2, 1) sesuai dengan criteria sebagai berikut. 5= sangat setuju, 4= setuju, 3= kurang setuju, 2= tidak setuju, 1= sangat tidak setuju.
Dengan anilisi Validasi dan Realibitas maka hasilnya sebagai berikut:

No.item pernyataan
Hasil Analisis Validasi
Pernyataan 1
InValid
Pernyataan 2
InValid
Pernyataan 3
Valid
Pernyataan 4
Invalid
Pernyataan 5
Invalid
Pernyataan 6
Invalid
Pernyataan 7
Valid
Pernyataan 8
Valid
Pernyataan 9
Valid
Pernyataan 10
Valid
Pernyataan 11
Invalid
Pernyataan 12
Invalid
Pernyataan 13
Invalid
Pernyataan 14
Invalid
Pernyataan 15
Invalid
Pernyataan 16
Invalid
Pernyataan 17
Invalid
Pernyataan 18
Valid
Pernyataan 19
Valid
Pernyataan 20
Invalid
Pernyataan 21
Invalid
Pernyataan 22
Invalid
Pernyataan 23
Valid
Pernyataan 24
Valid
Pernyataan 25
Valid
Pernyataan 26
Valid
Pernyataan 27
Valid
Pernyataan 28
Invalid
Pernyataan 29
Invalid
Pernyataan 30
Valid
Pernyataan 31
Valid
Pernyataan 32
Invalid
Pernyataan 33
Valid
Berdasarkan tabel diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah pernyataan yang Valid : 15 item (3,7,8,9,10,18,19,23 24,25,26,27,30,31) dan yang Invalid : 18 item (1,2,4,5,6,11,12,13,
14,15,16,17,20,21, 22,28,29,32) maka dapat disimpulkan  40 %VALID dan 60% INVALID


UJI REALIBITAS
Berdasarkan tabel di lampiran 8  nilai cronbach’s alpha sebesar 0,711  itu berarti bahwa nilai cronbach’s alpha > 0,6 . dapat disumpulkan bahwa angket minat belajar realibitas yang inggi.


D.      Interpretasi Hasil Belajar dengan Angket

Berdasarkan lampiran 18 dengan melalui uji regresi linear berganda saya dapat simpulkan bahwa tdak ada pengaruh antara minat belajar dan motivsi belajar terhadap hasil belajar siswa , dikarena sebagai berikut :
Tabel ANOVA pada tabel ini digunakan untuk mengukur apakah variabel bebas mempengaruhi kelinearitas variabel terikat.
Hipotesis Penelitian :
Ho   : tidak terjadi pengaruh linear antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap presatsi siswa
H1   : terjadi pengaruh linear antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap presatsi siswa
Ketentuan :
Jika F hitung > F tabel , maka Ho ditolak.
Jika F hitung < F tabel , maka Ho diterima.
Atau
Jika Sig < α, maka Ho ditolak.
Jika Sig > α, maka Ho diterima.

Untuk melihat apakah Ho ditolak atau diterima kita bisa gunakan salah satu dari ketentuan diatas:
Berdasarkan nilai Sig , dari tabel ANOVA diperoleh nilai Sig (0,307b) > α (0,05), berarti kita simpulkan bahwa Ho diterima . dengan demikian bahwa tidak terjadi pengaruh linear antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap presatsi siswa.
EVALUASI
Dalam penelitian ini banyak hal yang perlu diperbaiki dan terus ditingkatkan agar apa yang menjadi visi dan misi dari SMPN 5 Tinambung menjadi terlaksana dan menjadi lebih baik lagi serta bisa menjadi yang terbaik. Hasil rata-rata dari penelitian ini membuktikan masih kurangnya kualitas dan kuantitas pemahaman terhadap matematika dari siswa-siswi SMPN 5 Tinambung terkhusus pada siswa-siswi Kelas IX.C 
  

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Hasil penelitian ini bisa menjadi acuan bagi SMPN 5 Tinambung untuk senantiasa terus meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, hal ini menjadi penting karena dari data presentase hasil penelitian  ini sangat membutuhkan perhatian dan tindak lanjut dari hasil ini. Ada indikasi bahwa rasa kepuasan akan kepentinggan pemeblajaran  yang terus ditingkatkan, baik itu dari kualitas materi pembelajaran matematika  sampai pada SDM .
PENUTUP
Kesempurnaan memang hanya milik Allah SWT dan kukurangan dan ketiksempurnaan tempatnya manusia, dengan mengucap syukur Alhamdulillah dan bersyukur akan Nikmat dari Allah SWT yang telah memberikan segalanya. Dari itu semua maka selesai pula laporan penelitian tes hasil belajar dan angket  dan bisa menjadi pertimbangan dan perhatian yang harus segera dilaksanakan agar menciptakan sekolah yang bersangkutan menjadi yang terbaik.
Demikianlah laporan penelitian  ini disusun dan kiranya bisa menjadi data yang valid dari apa-apa yang dihasilkan penelitian  tersebut. Diharapkan untuk kedepanya bisa menjadikan SMPN 5 Tinambung  ini terus berkembang untuk menjadi yang terbaik li tingkatNasional maupun Internasional . Segala apa-apa yang kita inginkan untuk kepentingan bersama tentunya menjadi mimpi dan keinginan kita semua agar bisa terwujud dan terlaksana. Yang perlu diperhatikan adalah menemukan bagaimana caranya agar bisa memperbaiki apa yang telah terdata dari hasil kpenelitian ini dan bersama-sama bisa mewujudkannya.